Sabtu, 05 November 2011

Berita Hari ini 5 November 2011

Sabtu, 5 November 2011, 15:02 WIB
Antique
Jembatan Suramadu (Eric Ireng)
BERITA TERKAIT
 
VIVAnews - Antisipasi antrian dan lonjakan penumpang di mudik Hari Raya Idul Adha 1432, pengelola Jembatan Suramadu siagakan petugas 'jemput bola'. Tidak seperti hari biasa, petugas jemput bola tidak duduk, tetapi berdiri menghampiri pengendara yang akan menyeberang melalui Suramadu.

"Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan atau antrian di loket tiket," kata Kepala Gerbang Tol Suramadu, Suhariono, Sabtu 5 Nopember 2011.

Menurutnya, sudah menjadi kebiasaan, setiap jelang Idul Adha, arus kendaraan yang hendak melintas di Suramadu meningakat. Yakni, adanya budaya 'Toron' yang selalu dilakukan masyarakat Madura. "Dari sejumlah wilayah di Jatim, warga Madura sebagian besar tak mau melewatkan itu, mudik ke kapung halaman di Madura," tuturnya.

Pengelola Suramadu mencatat, pada 2010 lalu, kendaraan roda dua yang menyeberang melalui Suramadu mencapai 34 ribu unit dan jenis mobil mencapai enam ribu unit.
Jumlah itu diprediksi meningkat hingga 10 persen dibanding tahun sebelumnya. Dan puncaknya akan terjadi setelah salat Ied. "Banyak pemudik memilih setelah salat Ied kemudian Toron. Sesudah pelaksanaan salat itulah pengendara yang akan menyeberang meningkat," lanjutnya.

Untuk mengimbanginya, agar tidak terjadi penumpukan atau antrean panjang, sebanyak 110 orang petugas gabungan di antaranya, Jasa Marga dan Unit PJR Tol Suramadu serta dibantu petugas keamanan diturunkan.
Sedangkan guna kelancaran perjalanan, petugas menghimbau agar pengendara sebelumnya menyiapkan uang pas Rp3 ribu. Dan, jika berboncengan motor disarankan agar yang membawa uang receh. Termasuk, agar pengendara tidak berhenti di sepanjang jembatan demi lancarnya arus lalu lintas dan keamanan.

Sementara itu, di Dermaga Penyeberangan Ujung, hingga Sabtu siang, belum tampak terjadi lonjakan penumpang. Itu diprediksi akan terjadi pada petang dan malam hari. Termasuk, jumlahnya diperkirakan juga akan meningkat sekitar 10 persen dibandingkan hari biasa.

"H-1 Idul Adha ini diperkirakan menjadi puncak Toron. Sedangkan arus balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu hingga Senin, 6 dan 7 Nopember 2011," kata Kepala PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Surabaya, Elvi Yoza.

"Siang ini belum tampak peningkatan. Hanya tadi pagi terlihat lebih ramai. Diperkirakan memang puncaknya hari ini sampai sore nanti," lanjutnya. (Laporan: Tudji Martudji | Surabaya)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...