Sabtu, 04 Februari 2012

Tugas (berbicara)


DISKUSI
“Kegiatan Belajar Mengajar”
Saat ini, Kegiatan belajar mengajar di SMP N 1 Banjarsari khususnya di kelas Bilingual harus menggunakan 2 bahasa yaitu B.Inggris dan B.Indonesia.Tahun pertama 25% belajar menggunakan B.inggris dan tahun kedua yaitu 50% .
Pelajaran yang harus menggunakan 2 bahasa diantaranya : Matematika , Fisika , Biologi , B. Inggris ,tetapi pada pelajaran B.Indonesia dan B.Sunda  harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan pelajaran tersebut , maksudnya tidak menggunakan bahasa yang lain . Misalnya pada pembelajaran matematika,biasanya diawali dengan b.inggris, namun kemudian dilanjutkan dengan b.Indonesia karena jika semua menggunakan b.inggris murid tidak akan mengerti , dan penutup juga menggunakan b.inggris.Kendalanya ada beberapa murid yang tidak mengerti saat diterangkan menggunakan b.inggris , Solusinya yaitu settiap kata diartikan kedalam b.Indonesia oleh guru tersebut.
Sedangkan saat kegiatan belajar mengajar fisika , guru mengajar menggunakan ICT dan saat pembelajaran sama dengan matematika yaitu saat pembukaan dan penutupnya menggunakan b.inggris.Guru juga menggunakan IT yang sudah disediakan dan juga CD pembelajaran , sehingga guru menerangkan materi yang diajarkan dari CD pembelajaran dan dan setelah guru usai menerangkan seringkali guru memberi tugas , bahkan juga murid disuruh ke depan untuk menjawabnya .
Untuk pelajaran Biologi, sama dengan kegiatan belajar mengajar fisika , yaitu kata pengantarnya selalu diawali dengan b.inggris dan menggunakan ICT.Ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, guru menerangkan materi dan setelah selesai guru bertanya jawab dengan murid.
Berbeda dengan B.Inggris ,ketika kegiatan belajar mengajar b.inggris guru menerangkan dengan B.inggris  guru menarangkan dengan bahasa inggris.Saat kegiatan belajar mengajar berlangsung terkadang sambil bercanda.Setelah selesai menerangkan guru juga terkadang memberi tugas.
Lain hal nya dengan bahasa indonesia , guru menerangkan dengan b.indonesia dan belajar nya menggunakan ICT.Hingga setelah guru selesai mengajar , terkadang sering memberikan tugas, dan bila selesai guru menyuruh murid untuk membaca hasil tugas tersebut  dan juga guru menyuruh untuk mempostingkan tugasnya ke blog .
Demikian inilah sekilah tentang kegiatan belajar mengajar di SMP N 1 Banjarsari , meski ada sedikit kendala , namun berlangsung dengan lancar .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...