Kamis, 29 Maret 2012

Kelainan dan Penyakit pada sistem peredaran darah

Kelainan atau penyakit pada sistem peredaran manusia disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor keturunan dan faktor bukan keturunan. Berikut adalah beberapa maca penyakit yang disebabkan oleh
faktor-faktor tersebut.

1. Kelainan / penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan :
a. Hemofilia, adalah penyakit menurun yang disebabkan darah sukar atau sulit mebebu jika tubuh terluka. Hal ini disebabkan pada darah yang tidak memiliki antihormon globulin.
b. Sicle cell anemia, adalah penyakit keturunan yang bentuk sel darah merahnya tidak normal ( sel darah merah membentuk bulan sabit ). Sicle cell anemia membuat kemampuan unuk mengikat O2 maupun CO2 menjadi berkurang.
c. Thalaremia, adalah penyakit akibat eritrosit bentuknya tidak beraturan yang memyebabkan kemampuan mengikat gas berkurang.


2. Kelainan / penyakit yang disebabkan oleh faktor bukam keturunan
a. Anemia, adalah penyakit kekurangan hemoglobin dalam eritrosit yang disebabkan kekurangan zat besi ( Fe ). Penyakit kekurangan eritrosit dalam darah karena dimakan kuman ( misalnya karena kasus penderita sakit cacing tambang ). Penyakit kekurangan cairan darah akibat kecelakaan yang banyak mengeluarkan darah.
b. Anemia pernisiosa ( anemia addison ), adalah suatu penyakit yang disebabkan ketidakmampuan menyerap vitamin B12.
c. Hipertensi ( tekanan darah tinggi ), yaitu tekanan darah seseorang diatas normal / melebihi normal.
d. Hipotensi ( tekanan darah rendah ), yaitu tekanan darah dibawah normal.
e. Erythroblastosis foetalis, adalah penyakit kuning pada bayi yang disebabkan oleh kerusakam sel-sel darah oleh antibodi rhesus ibu.
f. Leukemia ( kanker darah ), yaitu reproduksi sel darh putih ( leukosit ) yang tidak terkendali, sehingga sel darah merah dimakannya ( memakan sel darah merah ).
g. Trombus dan embulus, yaitu penyakht jantung yang disebabkan oleh adanya gumpalam di dalam arteri coronaria ( nadi tajuk ). Penyakit ini sering disebut penyakit jantung koroner.
h. Sklerosis adalah penyakht pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah akibat penimbunan lemak ( artherosklerosis ) dan penimbunan senyawa kapur ( arteriosklerosis ).
i. Aneurisma, yaitu penyakht pelebaran pembuluh arteri karena lemahnya dinding pembuluh.
j. Varises, yaitu pelebaran pebuluh vena. Varises yang terdapat di dekat anus disebut ambeien atau wasir. Varises yang terdapat di bagian vena rektum disebut hemeroid.
Itulah beberapa macam kelainan atau penyakit pada sistem peredaran darah, yang dapat saya sampaikan atau tuliskan. Terimakasih

http://supeksa.wordpress.com/2010/10/26/kelainan-atau-penyakit-pada-sistem-peredaran-darah/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...