Kamis, 07 September 2017

Tutorial Membuat Blog- Tugas Praktikum 1 PENERAPAN KOMPUTER

TUTORIAL MEMBUAT BLOG


Halooo kenalin gue Qurrata Ayuni dari ITP 53,tepatnya kuliah di IPB alias Institut Pertanian Bogor awas yaa jangan di sepelein jadi Institut Pembesaran Kaki cielah bercanda doang. Disini gue mau share tentang “Tutorial Membuat Blog” elahh jaman gini mau nulis itu? Santi ya siapa tau ada orang yang belum mengerti tentang cara buat blog, intinya sih tulisan gue bisa berfaedah buat  para netizen yang belom paham tentang hal itu. Asal lu tau, di jaman milenial ini masih ad loh yang kudet, ya makanya gue nulis ini biar ad manfaat sekaligus yaa ini nih yang paling utama adalah buat memenuhi TUGAS PRAKTIKUM PENERAPAN KOMPUTER/KOM201.

Bismillah..

Blog atau weblog merupakan sebuah website yang berguna untuk menyalurkan aspirasi apapun, di blog ini lu bisa menulis apapu itu mau lu post tentang procedure text, jurnal penelitian, cerpen, puisi, bahkan curhatan apapun itu lu bisa post disini. Gue dari jaman smp udah ngutak-ngatik blog, saran sih enaknya make blogger.com aja bawaan dari google. Menu yang disedian dari blogger tuh simpel banget, sampe lu mau pasang widget gausah ribet tingal edit html aja, asli dah gue betah pake blogger. Lewat blog lu bisa masuk kominutas anak gaul anak kekinian para blogger, kayak gue ini masuk kominitas kancut keblenger. Melalui blog ini, bisa diskusi atau sharing apapun itu mau yang topik formal ataupun non formal.

Nahhh begini nih awalnya langkah-langkah membuat blog.
Pertama, lu ketik di google tuh cari BLOGGER.
Tar lu bakal nemu tampilan kayak di bawah ini! 

MENU TAMPILAN BLOGGER.COM

Nah setelah itu lu klik CREATE NEW BLOG bagi lu yang belum punya blog sama sekali, bagi yang sudah punya klik SIGN IN dipojok kanan atas. 

Kedua nih setelah lu klik pilihan diatas, maka akan tampilan di layar akan seperti gambar di bawah ini!

Tampilan LOGIN ke blogger.com
Gimana sampe disini, lu paham kan? masih bisa follow penjelasan gue kan? gue sih yakin lu semua paham, kan jaman milenial orang-orangnya pada canggih.

LALU?



Okee santi guys, setelah lu login maka akan muncul tampilan utama blogger. Perhatikan baik-baik yaa? Jangan sampe melamun okay guys! 

Ini guys tampilan awal ketika baru selesai login
Habis itu?
Langkah selanjutnya lu pilih menu Blog Baru, nahh berhubung gue udah dari jaman batu akik alias smp sudah bikin blog maka tampilanya otomatis seperti itu guys! Menu "Blog Baru" muncul ditampilan awal yang tersedia dipojok kanan atas.

Setelah lu klik menu blog baru maka muncul tampilan seperti gambar dibawah ini!!!

Tampilan membuat blog


Nah di tampilan tersebut ada beberapa konten, yang paling atas JUDUL. Judul yang lu tulis bebas mau pake nama lu atau hal lainya kayak "DAILY TEENS"

Dikonten kedua ada ALAMAT, disitu lu bisa ketik alamat blog sesuai selera lo, gak harus nama lu fleksibel aja yang penting visitor suka dah.

Terakhir dikonten ketiga ada tema. WAW estetik banget ya temanya, lu pilih tema sesuai keinginanmu dan kesukaanmu.

Finally, lu klik konten BUAT BLOG maka secara otomatis lu sudah resmi punya BLOG!
YEAHHHHH HOREEE AKHIRNYA. Selamat Mencoba, dear readers....

Tapi kak temanya pengen yang lain gamau yang ada disitu! Gimana dong biar ga bosen?
Kasih tau gak ya? HEHEHE

Ada cara lain nih buat ganti tema.
GIMANA KAKAAA?
Caranya lu bisa klik tema diatas dulu, entar bisa diedit HTML nya. Biasanya sih lu cari di google HTMLnya pilih tema mau kartun, love, geometris bahkan abstrak pun tersedia di google.

Wahhh bingung, apa itu HTML?
Yaudah gue perjelas yaa. Perhatikan readers!!!

Klik konten tema maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Lalu klik edit tema, nah disitu kan ada html dari tema yang lu pilih tuh pas tadi lu bikin blog nah lu ganti.



Readers bisa cari di om google buat ganti tema, pilih tema yang html nya ga eror eror club!

Pilihan tema selain dari blogger

Nah lu pilih tema sesuka hati lu, lalu download maka akan muncul kode-kode yang bejibun. Langkah terakhir lu copy html nya dan copy ke tampilan edit tema, sehingga tema akn terpasang sesuai selera dan pilihanmu kawan.

Terakhir tapi bukan harus berakhir yaa, kalo mau lihat tampilan blog sesuai dengan kesukaanmu klik LIHAT BLOG ya guys, nih tampilan blog gue simple be lyke karena mengikuti rules dari komunitas blog gue yaitu kancut keblenger.

LIKE THIS ====>



Hadu udahhh ya sampe disini sharingnya dear readers, semoga kamu nyaman di blogger dan rajin nge-post yaaa biar tulisan-tulisan lu berfaedah dan menambah pengetahuan atau informasi buat para netizen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...