Rabu, 04 April 2012

Bagian-bagian sistem pernapasan dan gangguan/penyakit ( SISTEM PERNAPASAN)


Apa perbedaan antara bernapas dengan pernapasan ?

Bernapas adalah proses menghirup udara dan pengeluaran kembali udara yang telah di hirup . Sedangkan pernapasan adalah proses pemasukan udara (inspirasi) , pengambilan udara berupa O2 yang diperlukan dalam oksidasi biologis (pembakaran zat-zat makanan) dengan tujuan menghasilkan energi , dan proses pengeluaran udara (ekspirasi) berupas gas CO2 dan H2O sebagai zat sisa pernapasan .
Pernapasan masih berhubungan dengan respirasi . Pada makhluk hidup terdiri dari 2 proses respirasi :
·         Respirasi aerob
Respirasi aerob adalah respirasi yang memerlukan O2 . Respirasi ini disebut oksidasi biologis .

C6H12O6 + 6O2 energi + 6CO2 + 6H2O

·         Respirasi anaerob
Respirasi anaerob adalah respirasi yang tidak memerlukan O2 . Respirasi ini disebut fermentasi .


C6H12O6 C2H5oH + energi + CO2 + H12O

Adapun bagian-bagian yang terpenting dalam sistem pernapasan meliputi :
1.     Rongga Hidung

Hidung merupakan organ dalam sistem pernapasan yang paling awal dilalui oleh udara . Bernapas dengan hidung lebih baik daripada melalui mulut , karena hidung memiliki fungsi sebagai penyaring, sebagai pengatur suhu , sebagai pengatur kelembapan .

·         Sebagai penyaring udara

Udara yang akan ke paru-paru akan di saring terlebih dahulu oleh rambut-rambut hidung dan selaput lendir . Hal ini bertujuan agar udara bersih dan tidak membahayakan.

·         Sebagai pengatur suhu

Udara akan disesuaikan suhunya sesuai dengan suhu tubuh . Jika udara dingin maka udara tersebut akan dinaikan menjadi hangat dan jika udara di panas maka udara tersebut akan di turunkan .

·         Sebagai pengatur kelembapan

Begitu pula udara harus disesuaikan kelembapanya sesuai dengan kelembapan tubuh .

2.    Saluran Pernapasan

a.    Faring
Faring merupakan persimpangan antara tenggorokan dengan kerongkongan. organ ini selalu terbuka , tetapi jika menelan makanan faring ini menutup karena jika masuk kedalam sistem pernapasan akan berbahaya . Pada faring terdapat katup yang disebut epiglotis (anak tekak).

b.    Laring

Laring tadalah pangkal tenggorokan yang tediri dari tulang rawan membentuk jakun dan celah yang menuju batang  tenggorokan ( trakea ) yang disebut glotis. Udara akan menggetarkan pita suara yang terdapat didalam jakun , shingga kita bisa berbicara , berteriak , bernyanyi dan sebagainya .

c.    Trakea ( tenggorokan)
Trakea/tenggorokan terdiri dari lapisan luar ( jaringan ikat) , lapisa tengah (otot polos dan cincin tulang rawan) dan lapisan dalam (sel-sel epitelium) . Selain itu , pada tenggorokan terdapat selaput lendir maka itu tenggorokn selalu basah dan sel-sel epitelium tenggorokan berfungsi untuk menahan dan mengeluarkan kotoran yang masuk ke lolos ketika proses penyaringan di hidung . Hal ini , bahwa udara yang akan masuk ke paru-paru bersih dan tidak membahayakan .


d.    Bronkus
Bronkus merupakan percabangan dari tenggorokan/trakea menuju paru-paru kanan dan paru-paru kiri . Bronkus yang sebelah kiri lebih datar dibandingkan bromkus sebelah kanan , sehingga bronkus kanan lebih mudah terserang penyakit .

e.    Bronkiolus
Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus . Bronkiolus lebih tipis dan halus.

f.    Alveolus
Pada alveolus terjadi pernapasan eksternal. Selain itu alveolus berfungsi untuk pertukaran gak O2 dan CO2 . Permukaan alveolus lebih tipis dan halus serta lembap . Didalam paru-paru terdiri dari 300-350 juta alveolus.
3.    Paru-paru
Paru-paru terletak dirongga dada , diatas diafragma . Paru-paru terdiri atas paru-paru kiri memiliki 2 lobus dan paru-paru kanan memiliki 3 lobus . Paru-paru dilindungi oleh selaput tipis yang disebut pleura , yaitu berfugsi untuk mengindari gesekan karena paru-pari sering mengembang dan mengempis.
Mekanisme pernapasan

Proses pernapasan terdiri dari proses inspirasi (pemasukan udara) dan ekspirasi ( pengeluaran udara)

·         Inspirasi adalah proses pemasukan udara karena udara didalam paru-paru lebih kecil daripada udara di atsmosfer ,sehingga udara di luar masuk kedalam paru-paru .

·         Ekspirasi adalah proses pengeluaran udara karena udara didalam paru-paru lebih besar daripada udara di atsmosfer ,sehingga udara di dalam paru-paru keluar .


Macam-macam pernapasan
1)    Pernapasan Dada
·         Inspirasi terjadi karena otot tulang rusuk berkontraksi , tulang rusuk terangkat , volume rongga dada membesar , paru-paru mengembang , tekanan udara didalam paru-paru lebih kecil daripada tekanan udara di luar , sehingga  udara dari luar masuk ke dalam .
·         Ekspirasi terjadi karena otot tulang rusuk berelaksasi , tulang rusuk turun,volume rongga dada mengecil  , paru-paru mengempis , tekanan udara didalam paru-paru lebih besar daripada tekanan udara di luar , sehingga  udara dari dalam keluar.
2)   Pernapasan perut
·         Inspirasi  terjadi karena otot diafragma berkontraksi , diafragma mendatar , volume rongga dada membesar , paru-paru mengembang , tekanan udara didalam paru-paru lebih kecil daripada tekanan udara di luar , sehingga  udara dari luar masuk ke dalam .
·         Ekspirasi terjadi karena otot diafragma berelaksasi , diafragma melengkung ,volume rongga dada mengecil  , paru-paru mengempis , tekanan udara didalam paru-paru lebih besar daripada tekanan udara di luar , sehingga  udara dari dalam keluar.

Jenis Volume Udara pernapasan
No.
Jenis Volume Udara
Ukuran Volume
Penjelasan
1.
Udara tidal
500cc
Volume udara yang masuk dan keluar paruparusaat terjadi pernapasan biasa.
2.
Udara Komplemen
1500cc
Volume udara yang masih dapat dihirup
setelah inspirasi normal.
3.
Udara Suplemen
1500cc
Volume udara yang masih dapat dikeluarkan
dari paru-paru setelah ekspirasi normal.
4.
Kapasitas vital
3500cc
Jumlah volume tidal + volume suplemen +volume komplemen atau volume maksimal
yang dapat dikeluarkan dalam satu ekspirasi
setelah inspirasi maksimal.
5.
Udara residu
1000cc
Volume udara yang tersisa di dalam paruparu setelah melakukan ekspirasi
maksimal.
(ipa/8/wasis)

Kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan
a)    Asma adalah penyempitan saluran pernapasan karena alergi, stres , dan kekurangan hormon adrenalin . Penderita penyakit ini sering mengalami sesak napas.
b)   Pneumonia adalah peradangan pada paru-paru karena bakteri Diplococcus pneumonia .
c)    TBC adalah gangguan pada paru-paru karena bakteri Mycobacterium tuberculosa .
d)   Asfiksi adalah penyakit yang disebabkan karena pengangkutan dan penggunaan oksigen oleh jaringan terganggu karena tenggelam , pneumonia , dan keracunan gas CO
e)    Laringitis yaitu peradangan pada bagian laring
f)    Pleuraitis yaitu peradangan pada bagian pleura
g)    Influenza disebabkan karena bakteri atau virus . Biasanya influenza juga terjadi karena penularan virus dari orang yang menderita penyakit ini .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...