Sabtu, 14 April 2012

Rasul-Rasul Allah dan Sifatnya



Rasul artinya utusan sedangkan Rasulululloh adalah Rasul Allah.Rasul merupakan seorang laki-laki yang diberi wahyu oleh Alloh SWT melalui perantara malaikan Jibril untuk dirinya sendiri dan disampaikan kepada umatnya.Berbeda dengan Nabi, nabi merupakan seorang laki-laki yang diberi wahyu oleh Allo untuk dirinya sendiri da tidak disampaikan kepada umatnya.Kita wajib beriman kepada rasul karena rasul merupakan rukun iman ke-4 . Jumlah nabi dan rasul yang wajib diimani oleh kita ada 25 nabi dan Rasul dan terdiri dari 5 rasul pula yang wajib diimani.Adapaun nama-nama rasul allah swt yang wajib diimani meliputi :

1.     Nabi Adam AS
2.    Nabi Idris AS
3.    Rasul Nuh AS
4.    Nabi Hud AS
5.    Nabi Shaleh AS
6.    Rasul Ibrahim AS
7.    Nabi Luth AS
8.    Nabi Ismail AS
9.    Nabi Ishak AS
10.  Nabi Ya’kub AS
11.  Nabi Yusuf AS
12.  Nabi Ayyub AS
13.  Nabi Zulkifi AS
14.  Nabi Syu’aib AS
15.  Rasul  Musa AS
16.  Nabi Harun AS
17.  Nabi Daud AS
18.  Nabi Sulaiman AS
19.  Nabi Ilyas AS
20. Nabi Ilyasa AS
21.  Nabi Yunus AS
22. Nabi Zakaria AS
23. Nabi Yahya AS
24. Rasul Isa AS
25. Rasul Muhammad SAW

Selain itu, Nabi dan Rasul memiliki sifat wajib Rasul dan sifat mustahil rasul .

No
Sifat Wajib Rasul
Sifat Mustahil Rasul
1.
Sidiq (benar)
Khizib (Bohong)
2.
Amanah (dapat dipercaya)
Khianat (tidak dapat dipercaya)
3.
Tabligh (menyampaikan)
Kitman (menyembunyikan)
4.
Fatonah (cerdas)
Biladah (Bodo)


Rasul disebut juga Ulul azmi karena Rasul memiliki keteguhan hati yang kuat meskipun mereka diberi tantangan,hambatan,rintangan.Mereka juga diberi mukzizat.Apa itu Mukzizat ? Mukzizat merupakan kemampuan yang luar biasa yang dimiliki oleh para rasul , mukzizat bukan sihir melainkan kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT . Ada berapakah jumlah Rasul ? yaa jumlah rasul ada 5 , yaitu :
1.  Nuh AS
Nabi Nuh AS diberi tantangan oleh Allah SWT yaitu akan diberi cobaan bencana banjir , maka dari itu Nabi Nuh AS diberi mukzizat oleh Allah untuk membuat kapal yang besar dan akan menyelamatkan umatnya , namun anaknya sendiri Kan’an  menolaknya ia lebih memilih ketempat yang lebih tinggi dan pergi bersama orang kafir, tapi ketika bencana banjir terjadi Kan’an tidak selamat sedangkan nabi Nuh As beserta umatnya selamat.Itulah mukzizat yang diberikan oleh Allah SWT .
2.  Nabi Ibrahim AS
Nabi Ibrahim AS diberi rintangan yang berat oleh allah swt , ayahnya sendiri azar suka membuat patung dan para umatnya juga menyembah patung.Nabi Ibrahim bingung bagaimana supaya umanya menyembah dan percaya kepada Alloh SWT ? maka ia mencoba menghancurkan seluruh patung tersebut akan tetapi perbuatan nabi Ibrahim terdengar oleh raja Namruz maka raja memutuskan supaya membunuh nabi Ibrahim AS dengan dibakar , seluruh rakyat menyaksikan peristiwa Nabi Ibrahim AS yang dibakan namun Allah SWT memberikan mukzizat dengan cara mendinginkan api tersebut.
3.  Nabi Musa AS
Nabi Musa dikejar oleh Raja Firaun beserta bala tentaranya,karena ketika ia dikejar oleh pasukan raja firaun dia menemui laut supaya selamat ia membelah laut tersebut dengan tongkat yang dimilikinya maka laut tersebut membelah dan akhirnya Musa AS selamat sedangkan ketika pasuka firaun dan bala tentaranya melewati laut tersebut kembali menutup seperti semula.
4.  Nabi Isa AS
Ajaran Nabi Isa AS bertentangan dengan kaum yahudi.Sewaktu itu nabi Isa AS dikejar oleh pasukan yahudi , tapi nabi Isa telah mengetahuinya dia segera bersembunyi ditempat yang aman tapi sobat karibnya sendiri berkhianat ia adalah yahuza atau yudas iskariot . Tetapi Alloh memberikan keselamatan, nabi Isa AS diangkat oleh Allah sedangkan yahuza mukanya diserupakan dengan Nabi Isa As dan akhirnya yang terbunuh adalah yahuza . Selain itu nabi Isa As memiliki beberapa Mukzizat yaitu : dapat menghidupkan orang yang telah mati, dapat menyembuhkan penyakit buta dan kusta,dapat membuat burung dari tanah liat dan sebagainya.
5.  Nabi Muhammad SAW
Inilah rasul kita yang terakhir , tidak ada lagi rasul atau nabi selain Nabi Muhammad SAW . Namun ketika itu banyak orang yang mengaku menjadi nabi . Nah ! apakah tau rintangan yang diberikan kepada Nabi Muhammad ?ajaran  nabi Muhammad SAW ditentang oleh kaum quraisy , mereka sangat membencinya . Suati itu nabi Muhammad dikejar oleh kaum quraisy m ia bersembunyi digua alloh menutup gua itu dengan sarang laba-laba dan trnyata ada suara cicak , tapi akirnya nabi muhammad saw selamat . Apakan anda mengetahui tantangan nabi muhammad ? sebenarnya itu masih banyak , seperti Al-qur’an , peristiwa isra mi’raj ,dapat memancarkan air dari celah0celah jarinya dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...